Riset pasar untuk
bisnis waralaba murah sangat penting dilakukan bagi Anda yang hendak membeli hak waralaba tersebut. Riset atau survei pasar adalah aktivitas yang mutlak dilakukan oleh si calon mitra (calon franchisee). Alangkah lebih baik jika hasil survey si calon mitra diperbandingkan dengan franchisor. Langkah ini dilakukan demi kehati-hatian, sekaligus sebagai langkah belajar.
Survei pasar dilakukan tidak hanya untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan masyarakat konsumen namun juga untuk mengetahui aktivitas ekonomi di sekitarnya yang akan berpotensi mendukung perkembangan bisnis franchise.
Pentingnya Riset Pasar Bisnis Waralaba
Sebuah riset pasar untuk
bisnis waralaba juga penting dilakukan untuk mengetahui daya serap dan daya beli calon konsumen kita. Nah, daya serap pasar itulah yang juga menjadi dasar menghitung cashflow atau aliran uang dari bisnis franchise. Sehingga kita dapat memperkirakan BEP (break even point), PBP (pay back period), dan berapa IRR (internal rate of return) dari bisnis franchise yang kita beli.
Dengan kata lain, jika Anda tidak melakukan survey pasar sendiri, bagaimana caranya Anda melakukan negosiasi dengan pemegang waralaba. Apalagi membeli franchise dan ber-
bisnis franchise adalah langkah awal menjadi pengusaha secara penuh.
Oleh karena itu, ketika akan membeli franchise, gunakanlah kriteria-kriteria yang jelas supaya tidak tergiur dengan banyaknya tawaran franchise yang setiap saat bermunculan. Pastikan membeli
bisnis waralaba murah tidak seperti membeli kucing dalam karung, sehingga kemungkinan terjadinya kegagalan bisa dicegah.