Tahukah Anda apa
tips sukses strategi pemasaran ritel? Persaingan dalam bisnis ritel memanglah terbilang amat ketat. Terlebih market share mereka tumbuh cepat bersamaan tumbuhnya ritel-ritel modern. Oleh karena itu, tiap-tiap pelaku bisnis berusaha mengaplikasikan strategi bisnis yang tidak sama supaya dapat memenangkan pertarungan.
Nah, berikut sebagian tips sukses strategi pemasaran ritel dengan memanfaatkan rumus 4p dalam marketing mix tetapi dengan penajaman seperlunya, yang barangkali perlu Anda ketahui.
Harga (Price)
Di antara indikator yang amat memastikan keputusan pembelian customer atau konsumen, terutama adalah pada barang-barang jenis consumer goods atau keperluan sehari-hari yaitu masalah harga. Pertanyaannya, bila tiap-tiap supermarket maupun minimarket mendapatkan barang dari grosir yang sama, kenapa terdapat perbedaan harga di antara mereka ?
Bila diamati, perbedaan harga itu nyatanya cuma ada pada jenis atau type item barang spesifik serta tidak pada item yang lain. Namun dalam perspektif customer, saat mereka menemukan atau mendapatkan ada perbedaan harga pada satu item saja, segera menyimpulkan bahwa harga seluruh barang di satu toko lebih murah dibanding yang lain. Lantas anda yang bergerak dalam usaha ritel moderen dapat mengaplikasikan strategi ini dengan memanfaatkan pola persepsi customer yang generalis.
Product (Product)
Problem product yang turut merubah persepsi customer saat memilih area belanja yaitu aspek jumlah serta segi kualitas product. Segi jumlah terkait dengan kelengkapan serta keragaman product yang dapat disiapkan pengelola toko. Tetapi segi ini dapat diperkuat dengan cara membuat prioritas menurut segmentasi konsumennya. Bila konsumennya adalah mahasiswa pasti barang keperluan mereka yang perlu lebih lengkap serta lebih bermacam. Begitu juga bila customer terbesar anda adalah ibu rumah tangga, remaja, atau kelompok umur tertentu.
Namun segi kualitas barang terkait dengan pola manajemen product dalam bisnis ritel. Tidak sedikit toko yang tidak menghiraukan kebersihan product yang dijualnya hingga berdebu atau terlampau lama lakunya. Perputaran barang yang lambat, dapat membikin customer juga semakin enggan berbelanja. Sebab itu Anda perlu cermati strategi pemasaran ritel dengan mengutamakan adanya perubahan jenis barang yang dijual untuk periode tertentu walau barang yang diganti sama.
Lokasi (Place)
Factor place atau lokasi ini bukan hanya menyangkut lokasi demografis tetapi juga posisi atau letak lokasi toko sebagai area yang nyaman untuk customer waktu berbelanja. Semakin dekat lokasi ritel dengan pemukiman customer semakin setia juga customer dalam
berbelanja. Untuk itu peliharalah customer spesifik anda, terutama menurut radius demografi yang jelas.
Namun untuk kenyamanan, tak hanya kualitas pendingin ruangan ( air conditioning ) yang baik, juga penataan rak untuk penempatan product yang lapang. Oleh sebab itu Anda perlu cermati factor ini karena hal tersebut dapat amat mempengaruhi kenyamanan customer waktu berbelanja.
Promosi (Promotion)
Promosi untuk toko atau minimarket waralaba umumnya telah dikerjakan kantor pusat. Tetapi pengelola minimarket baiknya janganlah melupakan segi ini, dikarenakan dampaknya amat penting untuk tumbuhnya customer setia. Promosi yang bisa dikerjakan pengelola minimarket dalam tips sukses strategi pemasaran ritel yaitu memberikan cinderamata atau bonus belanja untuk customer dengan nominal belanja spesifik. Cinderamata ini dapat berbentuk kalender, mainan anak-anak, atau barang lain yang sesuai dengan segmentasi yang dibidik peritel. Promosi yang sederhana tetapi mengena pastinya akan memberikan hasil yang efisien.