Anda ingin tahu kiat dan
strategi jadi pengusaha sukses? Kita umumnya kerap bingung serta gamang saat akan terjun ke dunia bisnis. Terlebih apabila keluarga serta saudara kita tak ada yang terjun dan bergelut di dunia bisnis. Kita pun berupaya mencari tahu apa yang harus kita kerjakan untuk mengawali sesuatu usaha atau mengembangkannya jadi usaha yang sukses.
Masalah Kewirausahaan
Problem
kewirausahaan merupakan masalah yang sering dihadapi negeri ini saat membangun hari esok. Sekarang ini jumlah usaha di indonesia memanglah cukup banyak, yakni tidak kurang dari 40 juta unit usaha. Tetapi dari jumlah tersebut, lebih kurang 5 % merupakan perusahaan besar dan berskala nasional serta internasional. Selebihnya, lebih kurang 95 persennya atau lebih kurang 38 juta unit usaha yang ada merupakan
usaha kecil menengah (UKM).
Menariknya lagi, menurut data pemerintah, dari 38 juta
UKM yang ada, sejumlah 90 % lebih berupa usaha skala mikro serta kecil, yang terdiri dari pedagang keliling, penjual bakso, sampai ibu-ibu yang membuka lapak seadanya di pasar. Beberapa pelaku usaha mikro serta kecil ini sebagian besar tidak mempunyai badan hukum usaha serta menggerakkan usahanya sebatas untuk mencukupi keperluan hidup harian. Omset mereka pun tidak lebih dari Rp 100 juta pertahun.
Struktur atau susunan perekonomian sejenis ini sesungguhnya kurang memberi dukungan bagi sistem perekonomian nasional ke depannya. Terlebih dengan jumlah masyarakat yang besar serta tingkat pengangguran yang tinggi, sistem perekonomian nasional tentunya harus didukung pelaku usaha di level menengah yang kuat dan dalam jumlah yang cukup. Sebagian negara tetangga yang cukup kuat susunan ekonominya didukung tidak kurang dari 10 sampai 20 % pelaku usaha di level menengah.
Bisnis Dimulai dari Langkah Kecil
Untuk jadi besar pastinya mesti dimulai dengan suatu hal yang kecil terlebih dulu. Sesuatu langkah besar mesti diawali dengan langkah kecil. Untuk dapat menggerakkan sepeda maka kita mesti segera praktek dengan naik sepeda. Begitupun bila pingin dapat berenang maka kita mesti segera terjun ke dalam kolam renang serta segera lakukan gerakan renang. Begitulah kewirausahaan, begitu juga hanya dengan cara seperti itu pula strategi jadi pengusaha sukses.
Layaknya dikatakan ahli usaha Peter F Drucker, bahwa kewirausahaan bukanlah suatu ilmu pengetahuan maupun seni atau enterpreneurship is not science or art, demikian tuturnya. Untuk jadi pengusaha, kita tak perlu mencermati teori perihal kewirausahaan. Sebagai sesuatu teori, ilmu perihal kewirausahaan sudah mengeliminir keragaman serta keunikan usaha yang ada. Bila kita memercayakan teori saat menjalankan usaha, kita tidak dapat dan tidak akan pernah mampu untuk menjalankannya.
Dengan segera terjun langdung ke dunia usaha, seorang pengusaha bisa belajar dari pengalaman serta keunikan tantangan yang dihadapinya. Melewati kekeliruan yang dibuatnya tersebut dia dapat memperbaiki serta menanganinya. Sesuatu kesuksesan atau keberhasilan pastinya merupakan akumulasi dari sistem belajar dari praktek usaha yang dikerjakannya dengan terus-terusan.
Belajar dari kekeliruan, begitulah kiat dan
strategi jadi pengusaha sukses yang nyata.